Note: Website ini dalam masa maintenance, jadi mohon maaf apabila ada ketidakteraturan format tulisan atau gambar yang tidak muncul. Kami sedang memperbaikinya segera. Terima kasih!

Warna Lipstik untuk Bibir Hitam dan Kering

Warna lipstik untuk bibir hitam, KecantikanPedia.com - Bibir merupakan anatomi tubuh manusia yang sangat berperan penting bagi kelangsungan hidup, karena dari sinilah manusia mendapatkan asupan makanan sebagai sumber energi untuk hidup. Selain itu, bibir adalah sarana untuk berinteraksi sebagai makhluk sosial melalui ungkapan kata-kata.


Berikut adalah anatomi dari bibir, terdiri atas:




  1. Zona vermilion


=> Adalah bagian bibir yang berwarna merah karena mengandung vaskularisasi dan terlihat melalui epitelium tipis.




  1. Philtrum


=> Adalah lekukan vertikal yang terdapat pada pada garis tengah hidung hingga pada perbatasan vermilion border bagian atas.




  1. Vermilion border


=> Adalah garis tepi yang membatasi zona fermilion dengan kulit.




  1. Tuberkulum labial


=> Adalah daging yang terlihat sedikit menonjol tepat berada di atas philtrum.




  1. Commissura lip pit


=> Adalah lekukan kecil yang berada tepat di tengah-tengah comissura labial.




  1. Comissura Labial


=> Adalah jaringan lipatan tipis sebagai penghubung antara bibir bagian atas dan bawah, biasanya selalu terlihat saat bibir terbuka.




  1. Celah mulut


=> Adalah celah antara bibir atas dan bawah, yang dapat digerakkan, dibuka atau di tutup.



Cara Memilih Lipstik yang Bagus


Sebelum membahas lebih lanjut mengenai warna lipstik untuk bibir hitam, kita akan ulas terlebih dahulu seputar info mengenai lipstik. Seperti yang Anda ketahui, lipstik adalah kosmetik berbentuk batang dan padat (roll up) yang digunakan untuk memberi warna pada bibir sebagai bentuk ekspresi wajah dalam memberikan dukungan agar lebih terlihat menarik yang dihadirkan dengan berbagai pilihan warna yang dapat disesuaikan dengan warna bibir dan kulit wajahnya. Sebenarnya lipstik telah digunakan sejak zaman kuno dan populer pada masa Ratu Ellizabeth I dari kerajaan Inggris. Pada zaman yang masih kuno, orang-orang memecahkan batu semi mulia yang dihancurkan kemudian mengoleskannya ke bibir dan mata sebagai make up.


warna lipstik untuk bibir hitamLipstik tersusun dari lilin, lemak, dan minyak yang dikemas dalam bentuk roll up dan lip crayon. Lipstik yang dikemas dalam bentuk lip crayon atau batang lepas tanpa pengungkit, membutuhkan pensil warna untuk mengaplikasikan pada bibir agar hasilnya lebih jelas. Sedangkan lipstik yang dikemas dalam bentuk roll up lebih banyak digunakan karena menggunakan pengungkit roll up, sehingga lebih mudah dalam pengaplikasiannya. Pada dasarnya lip crayon dan lipstik roll up sama saja, tetapi lipstik roll up lebih lembut dan mudah menggunakannya, sedangkan lip crayon bentuknya lebih padat yang disebabkan oleh kandungan lilin yang lebih banyak dan harus lebih teliti karena menggunakan pensil dalam pengaplikasiannya.


Sebagai zat warna untuk bibir, tentunya harus disesuaikan dengan suhu bibir dan suhu di sekitarnya, yaitu suhu pada daerah tropik. Sebenarnya suhu lebur lipstik yang ideal telah diatur mendekati suhu bibir, yaitu berkisar antara 36 derajat celcius hingga 38 derajat celcius. Tetapi karena adanya suhu cuaca pada daerah disekitarnya lebih tinggi, juga perlu diperhatikan ketahanannya, sehingga suhu lebur lipstik dibuat lebih tinggi lagi dan sudah sesuai dengan keadaan cuaca daerah tropik, yaitu sekitar 55 - 75 derajat celcius.


Lipstik yang baik dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat adalah lipstik yang memenuhi syarat sebagai berikut:




  • Tahan lama, artinya warnanya tidak mudah pudar bila diaplikasikan ke bibir.

  • Tidak berbahaya bagi kesehatan bibir, misalnya tidak terjadi iritasi atau alergi pada bibir.

  • Dapat melekat dan tidak lengket di bibir.

  • Mengandung minyak pelembab, sehingga tidak membuat bibir menjadi kering.

  • Berbentuk padat, halus dan tidak kasar atau berbintik, serta tidak meneteskan minyak.

  • Dapat menampilkan warna yang rata dan menarik.


Fakta Unik tentang Lipstik


Untuk mendukung penampilannya, wanita tidak dapat dipisahkan dari lipstik. Karena lipstik dapat menampilkan sesuatu yang berbeda dengan memberikan pengaruh terhadap wajah yang terlihat lebih sehat dengan tampilan warna bibir yang merekah dan menawan. Tetapi, tahukan Anda beberapa fakta yang terungkap tentang lipstik, banyak yang belum Anda ketahui. Anda penasaran? Inilah faktanya, dilansir dari Geniusbeauty.com.




  1. Walaupun secara tak sengaja, sepanjang hidupnya wanita telah menelan lipstik 4, 5 kg, dan pria pasangannya juga menelan lipstik 1,5 kg.

  2. Wanita yang selalu mengaplikasikan lipstik atau make up, biasanya bisa tampil lebih percaya diri dari pada yang tidak.

  3. Pemakaian lipstik yang terlalu sering dapat berakibat pada kerusakan bibir atau cheilitis, misalnya bibir pecah-pecah, bibir tidak sehat, dan retak melintang.

  4. Masa penyimpanan lipstik dapat bertahan hingga dua tahun jika masih dalam kondisi tersegel, tetapi jika segelnya telah terbuka, baik digunakan atau tidak, lipstik hanya dapat bertahan hingga enam bulan saja.

  5. Lipstik organik hanya menggunakan bahan alami 95 % saja.

  6. Lipstik satin atau matte yang mengandung SPF 15 sangat baik untuk melindungi bibir dari sinar ultraviolet.

  7. Kandungan mouisturizing dalam lipstik adalah 3 – 5 kali minyak alami dan wax. Untuk hasil terbaik, gunakan lipstik yang mengandung wax mawar, camauba, dan beeswax.

  8. Walaupun lipstik padat lebih mudah penggunaannya, tetapi lipstik ini lebih banyak mengandung bakteri, sedangkan lipstik cream yang pengaplikasiannya menggunakan kuas bersih, lebih aman dari bakteri.

  9. Lipstik tidak memudarkan warna alami bibir. Jika ada yang beranggapan demikian, abaikan saja. Karena sebenarnya pudarnya warna bibir sangat dipengaruhi oleh faktor usia. Usia yang semakin bertambah menyebabkan aliran darah ke bibir mengalami penurunan sehingga warna bibir menjadi pucat.

  10. Hati-hati dengan kandungan petroleum jelly atau parafin dalam lipstik, karena dapat menyebabkan bibir kering dan pecah-pecah.

  11. Lipstik mentol memberikan efek berkilau yang dapat membuat bibir terlihat lebih penuh.


Penyebab Bibir Menjadi Hitam pada Wanita


Bibir yang berwarna hitam dapat mengurangi rasa percaya diri, sehingga sangat mengganggu penampilan. Warna bibir yang menghitam biasanya adalah karena faktor genetik atau keturunan, tetapi faktor eksternal juga dapat berpengaruh terhadap warna bibir yang berubah menjadi tidak segar dan hitam. Perlu Anda ketahui beberapa hal yang berpengaruh terhadap pudarnya warna merah bibir Anda. Berikut penyebabnya:




  • Rokok


Rokok dapat menghilangkan warna merah alami bibir dan membuatnya menjadi hitam karena rokok mengandung nikotin yang berbahaya bagi kesehatan dan merusak bibir. Jika kegiatan merokok ini berlangsung lama, maka bibir menjadi pecah-pecah dan merubah warna merah alami bibir menjadi kehitaman.




  • Paparan sinar matahari yang mengandung ultraviolet


Sinar ultraviolet yang dihasilkan dari matahari dapat berpengaruh buruk terhadap kulit dan warna bibir. Paparan sinar matahari dapat membuat warna bibir menjadi hitam dan pecah-pecah karena efek panas yang ditimbulkannya. Untuk menghindari hal ini, selalu gunakan pelindung bibir dari paparan sinar matahari dengan menggunakan lip balm yang mengandung SPF tinggi, jika Anda beraktivitas di luar ruangan. Lip balm yang mengandung SPF dapat melembabkan bibir sekaligus melindunginya dari paparan sinar matahari.




  • Lipstik


Sisa lipstik yang tertinggal di bibir dapat merubah bibir menjadi kehitaman. Jadi, jika Anda membersihkan bibir Anda dari lipstik yang menempel, usahakan agar dapat sebersih mungkin, agar tidak ada lagi lipstik yang tersisa di bibir Anda.




  • Alergi terhadap kosmetik


Lipstik atau lip gloss mengandung bahan kimia dan parfum yang pada kulit sensitif bisa menyebabkan iritasi, sehingga menimbulkan bibir kering dan pecah-pecah yang juga mengakibatkan warna bibir berubah gelap atau hitam.




  • Bibir yang sering digigit atau dijilat


Bibir yang sering digigit menyebabkan pigmentasi pada bibir, sehingga warna bibir menjadi lebih gelap atau menghitam. Begitu pula dengan menjilati bibir. Bibir yang sering dijilat menjadikan bibir cepat kering, sehingga kehilangan kelembabannya, akibatnya bibir menjadi pecah-pecah dan menghitam.




  • Bibir yang tidak lembab


Menjaga kelembaban kulit, tidak hanya berlaku pada kulit wajah dan tubuh saja, tetapi juga berlaku bagi kulit bibir. Bibir yang kehilangan kelembabannya menjadi kering dan pecah-pecah. Hal ini juga memungkinkan bibir kehilangan warna merahnya dan berubah menjadi gelap atau kehitaman.




  • Dehidrasi


Dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh menjadikan bibir kering dan pecah-pecah, sehingga jika hal ini berlangsung dalam waktu lama akan menghilangkan warna alami bibir dan berubah menjadi kehitaman. Sedangkan cairan tubuh dapat terpenuhi dengan mengkonsumsi air putih yang mencukupi kebutuhan tubuh.




  • Kurangnya vitamin C


Vitamin C yang berfungsi sebagai anti oksidan dapat membantu metabolisme dalam tubuh dan menangkal radikal bebas. Selain itu vitamin C juga dapat membantu memelihara kesehatan kulit, tak terkecuali bibir, yang dapat mengalami pigmentasi kulit, sehingga warna merah bibir dapat kembali seperti semula. Anda tentu mengetahui apa yang terjadi jika kekurangan vitamin C.




  • Kopi


Kopi mengandung kafein yang berpengaruh terhadap warna bibir yang berubah menjadi kekuningan dan selanjutnya lama kelamaan menghitam. Jadi, jika Anda menginginkan bibir Anda tetap merah segar alami, kurangilah konsumsi kopi mulai sekarang.



Tips Memilih Warna Lipstik untuk Bibir Hitam yang Cocok


Bibir gelap yang disebabkan oleh faktor genetik dan faktor eksternal lainnya sangat berpengaruh terhadap penampilan, sehingga dapat mengurangi rasa percaya diri. Jangan berkecil hati dengan keadaan ini, usahakan sebisa mungkin untuk menghindari hal-hal yang dapat menjadi penyebab berubahnya warna bibir menjadi gelap, karena mencegah itu lebih baik dari pada mengobati.


Jangan khawatir dengan warna bibir gelap, karena semua itu bisa diatasi dengan memadukan warna lipstik yang cocok dan sesuai dengan warna bibir dan kulit wajah Anda. Anda dapat tampil lebih percaya diri dan lebih menarik.


Anda dapat mencoba mengaplikasikan beberapa pilihan warna yang disarankan para ahli bagi wanita yang memiliki bibir berwarna gelap. Berikut adalah beberapa pilihan warna lipstik untuk bibir hitam alias gelap.




  1. Merah cerah


Warna ini sangat cocok untuk menutupi seluruh permukaan bibir yang berwarna gelap. Aplikasikan secara merata dan tidak belang agar memberikan efek yang sensual pada bibir. Berhati-hatilah dalam memulaskannya, karena salah pengaplikasian justru akan memperburuk keadaan warna bibir Anda.




  1. Ungu plum


Lipstik dengan warna ungu pulm dapat membantu Anda tampil lebih elegan dengan pulasan yang merata pada bibir gelap. Bisa juga Anda aplikasikan varian warna lainnya yang mendekati warna ungu, misalnya ungu violet.




  1. Shimmer pink


Shimmer pink akan membuat bibir hitam Anda tampak semakin seksi dan lebih lembut.




  1. Nude


Untuk menampilkan kesan agar bibir gelap dan tipis lebih terlihat penuh dan tebal, warna nude dapat dijadikan pilihan yang paling aman dan tepat.




  1. Coklat tua


Coklat tua adalah warna yang paling cocok untuk bibir gelap, karena warna ini lebih terlihat alami saat diaplikasikan pada bibir gelap. Hindari memilih warna coklat muda, karena warna tersebut akan membuat bibir terkesan pucat dan tidak sehat.


Gunakan kuas lipstik dan aplikasikan dengan hati-hati agar hasilnya lebih rapi. Sebelum Anda mengaplikasikan lipstik, sebaiknya aplikasikan dulu foundation atau alas bedak pada bibir Anda agar  warna lipstik pilihan Anda sesuai dengan harapan Anda dan hasilnya lebih maksimal.


Bagi pemilik bibir tebal, jangan menggunakan lipstik yang berwarna pekat, seperti ungu, cuklat tua, dan burgundy. Lips gloss yang berlebihan juga memberi kesan bibir tampak lebih tebal. Lebih baik jika mengaplikasikan lipstik matte.


Perawatan pada bibir juga sangat penting dilakukan agar bibir tetap terjaga kesehatannya. Jangan abaikan hal-hal yang dapat merusak keindahan bibir Anda, walaupun hal tersebut terlihat sepele.


Nah, itulah berbagai ulasan cukup panjang seputar warna lipstik untuk bibir hitam dan informasi tambahan lainnya. Semoga bermanfaat ya!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel