Note: Website ini dalam masa maintenance, jadi mohon maaf apabila ada ketidakteraturan format tulisan atau gambar yang tidak muncul. Kami sedang memperbaikinya segera. Terima kasih!

Cara Menghilangkan Telur Kutu Rambut dengan Cepat dan Mudah

Cara menghilangkan telur kutu rambut, KecantikanPedia.com - Kutu rambut atau pediculus capitis merupakan parasit yang hidup di kepala manusia karena mempertahankan hidupnya dengan menghisap darah manusia melalui kulit kepala.


Kutu cepat sekali berkembang biak, karena kutu betina mampu bertelur sebanyak 6 hingga 8 buah perharinya, dan akan menetas dalam waktu sekitar 8 hari saja. Serangga kecil ini akan menempelkan telur-telurnya pada pangkal dan helaian-helaian rambut. Telur-telur ini dapat melekat dengan kuat karena direkatkan dengan pelekat yang cepat mengeras. Proses penularannya pun juga sangat cepat, melalui peralatan yang memungkinkan menjadi jembatan penyebaran kutu dan digunakan secara bergantian, atau rambut yang saling bersentuhan.



Kutu Rambut Kepala adalah...


Sebelum bersiap-siap membasmi melalui cara menghilangkan telur kutu rambut, mari kenali terlebih dahulu beberapa infonya. Memang, sangat menjengkelkan jika rambut Anda menjadi sarang kutu. Disamping menimbulkan efek gatal-gatal pada kulit kepala, kutu rambut juga dapat membuat rambut menjadi cepat kotor dan lengket, serta sangat sulit mengusirnya.


cara menghilangkan telur kutu rambutKutu rambut hanya memiliki kaki dan tidak bersayap, sehingga tidak bisa terbang. Jadi cara penularannya hanya terjadi jika ada kontak langsung, misalnya saling   bersentuhan dengan rambut yang terserang kutu rambut.


Walaupun kutu rambut menyebabkan rambut cepat kotor dan lengket, tetapi rupanya kutu ini lebih senang hidup di rambut yang dicuci bersih dan terawat. Biasanya orang selalu berburu kutu di kepala orang yang dihinggapi banyak kutu, tetapi ternyata ada juga kutu yang tak dapat dilihat oleh mata telanjang manusia karena ukurannya yang terlalu kecil dan hanya dapat dilihat oleh kaca pembesar atau mikroskop. Ukuran kutu rambut ini hanya sekitar 3 mm, dan biasanya berada di area kemaluan.


Kutu yang memiliki enam buah kaki ini mempertahankan hidupnya dengfan menghisap darah manusia melalui kulit kepala sebanyak dua atau tiga kali sehari.


Larva kutu yang menetas akan melalui hidupnya selama 8 atau 9 hari untuk menjadi kutu dewasa. Kutu rambut dapat menyebabkan infeksi pada kulit kepala, yang diakibatkan oleh hisapan darah dari kutu yang menimbulkan gatal-gatal pada kulit kepala. Seseorang yang diserang oleh kutu rambut tidak akan tahan terhadap rasa gatal dari hisapan kutu rambut dan selalu mendorongnya untuk menggaruk-garuk kulit kepala untuk meredakan rasa gatalnya.


Telur kutu yang ditempelkan pada helaian rambut dan pangkalnya berwarna putih, berbentuk oval dan berukuran sangat kecil. Jika Anda tidak ingin kutu rambut ini berkembang biak di kepala Anda, maka carilah solusi untuk membasminya sebelum kutu rambut tersebut semakin merajalela dan menyebar. Memang tidak mudah menghilangkan kutu rambut dari kepala. Mungkin kutunya memang dapat dibasmi, tapi bagaimana dengan telur-telurnya? Tentunya telur-telur tersebut masih bisa menetas dan menjadi penerus bagi generasi yang baru, begitu pula sebaliknya. Jadi, yang harus diatasi adalah kutu dan telurnya sekaligus, sehingga kepala Anda benar-benar bersih dan bebas kutu rambut. 



Kutu di kepala berasal dari mana ?


Kutu rambut bisa menyerang siapa saja, asalkan terdapat media yang memungkinkan untuk penularannya. Tetapi yang perlu diperhatikan adalah penyebab mewabahnya kutu rambut yang sering terjadi. Berikut ulasannya, karena sebelum mengetahui cara menghilangkan telur kutu rambut, alangkah baiknya kita ketahui dulu pemicunya:




  • Kurang higienisnya dalam merawat diri


Kutu sangat anti terhadap sabun atau pembersih tubuh lainnya, karena mengandung bahan kimia yang dapat membahayakan kehidupan mereka. Sehingga bagi seseorang yang perawatan dirinya kurang higienis, kemungkinan besar dapat menjadi tempat yang paling nyaman bagi kutu dan enggan meninggalkannya. Oleh karena itu, rajin-rajinlah merawat kebersihan badan dan rambut menggunakan sabun mandi dan shampoo untuk mencuci rambut. Tapi bukan berarti shampoonya harus tertinggal di rambut Anda tanpa membilasnya hingga bersih. Karena shampoo yang tertinggal justru akan memudahkan bakteri dan kotoran lainnya ikut menempel, sehingga dapat mengundang kutu hinggap di kepala Anda.




  • Menggunakan peralatan secara bergantian dengan orang yang diserang kutu rambut


Peralatan yang digunakan sehari-hari, seperti sisir, topi, kerudung, bantal, atau benda lainnya dapat menjadi jembatan bagi kutu untuk berpindah. Untuk itu, hindarilah memakai peralatan bergantian dengan orang yang diserang kutu rambut.




  • Pemilihan shampoo yang salah menjadi pemicu ketombe


Ketombe dapat muncul akibat pemilihan shampoo yang salah, dan ketombe yang semakin menumpuk dapat dijadikan sarang yang aman dan menyenangkan bagi kutu rambut. Jadi, pastikan agar Anda menggunakan shampoo yang cocok dan sesuai dengan jenis \rambut Anda sehingga tidak menimbulkan ketombe.




  • Selalu menjaga kebersihan kamar tidur


Kamar tidur selalu dilengkapi peralatan untuk tidur, diantaranya adalah selimut, bantal, guling, dan sprei. Sarung bantal, guling, sprei, dan selimut harus selalu dijaga kebersihannya, agar kutu rambut tidak tertinggal di tempat-tempat tersebut dan menyebar. Juga selalu bersihkan sisir dengan cara merendamnya dalam air panas.




  • Tertular dari orang yang kurang menjaga kebersihan


Jika Anda bergaul dengan teman yang diserang kutu dan kurang menjaga kebersihan, maka dapat dipastikan kutu tersebut akan berpindah atau menular ke kepala Anda. Karena sebenarnya kutu sangat menyukai tempat yang bersih untuk berkembang biak. Hal ini dapat dibuktikan dari anak-anak yang selalu bermain di tempat berdebu dan kotor akan lebih cepat tertular dari temannya, dari pada orang dewasa.



Cara Menghilangkan Telur Kutu Rambut dengan Bahan Alami


Sebelum Anda membasmi telurnya, yang harus Anda lakukan adalah membasmi kutu dewasa terlebih dahulu. Kemudian basmilah telur kutu rambut, dan yang harus Anda sediakan adalah:




  • Shampoo khusus pembasmi kutu

  • Konditioner

  • Cuka atau listerine original

  • Air hangat

  • Sisir khusus untuk kutu, biasanya bergigi rapat

  • Handuk


Caranya, basmilah kutu dewasa dengan cara keramas menggunakan shampoo yang khusus untuk membasmi kutu rambut. Kemudian rendamlah rambut Anda di dalam air dalam waktu yang lama, walaupun kutu masih dapat bertahan di dalam air beberapa jam, namun cara ini dapat melemahkannya untuk sementara waktu.


Untuk membasmi telur kutu, Anda harus duduk di area yang terang oleh cahaya matahari atau lampu. Karena kutu dan telurnya akan mudah terlihat di tempat yang terang. Letakkan handuk di bawah rambut atau di atas bahu agar kutu yang jatuh menempel pada handuk tersebut.



Tips Membasmi Telur Kutu Kepala dengan Cuka


Cara I:


Pakailah cuka yang dilarutan dalam air untuk membilas rambut yang terserang kutu. Karena cuka mengandung zat kimia yang dapat melarutkan pelekat yang dihasilkan kutu rambut untuk melekatkan telurnya pada batang-batang rambut, maka cuka sangat ampuh digunakan untuk melepaskan telur dari folikel-folikel rambut tempatnya menempel.


Basahi rambut Anda menggunakan air hangat sambil menundukkan kepala di depan bak mandi. Lalu tuangkan cuka ke atas kepala Anda dan ratakan cuka tersebut ke seluruh lapisan rambut, jangan sampai ada yang terlewatkan. Biarkan beberapa saat, kemudian bilas kembali rambut Anda dari cuka hingga bersih menggunakan air hangat.


Cara II:


Cara ini juga dapat Anda gunakan, yaitu dengan mengisi wastafel menggunakan larutan cuka dan air dengan perbandingan 1:1, lalu gunakan untuk merendam seluruh rambut. Caranya adalah dengan mencelupkan kepala ke depan maupun ke belakang dalam larutan, dan pastikan bahwa seluruh rambut Anda sudah tercelup secara merata.


Sisir rambut yang kusut menggunakan sikat biasa dan memakai conditioner agar rambut lebih mudah dirapikan. Lalu sisir kembali rambut Anda menggunakan sisir kutu. Kutu-kutu dewasa akan tersangkut di sisir dan jatuh di handuk.


Jika kutu dewasa sudah hilang dari kepala, selanjutnya gilirannya untuk menghilangkan telur kutu dengan cara menyisir rambut menggunakan sisir kutu.   Sisir kutu yang baik digunakan untuk menghilangkan telur kutu adalah sisir yang terbuat dari logam, karena lebih kuat, kaku dan bergigi halus.


Untuk memastikan seluruh kutu dan telurnya telah benar-benar hilang dari kepala Anda, ulangilah menyisir kembali rambut Anda menggunakan sisir kutu, karena biasanya pada rambut yang masih basah agak sulit melepaskan telur-telurnya.


Tetapi ingat, selalu bersihkan sisir kutu setelah Anda gunakan untuk menyisir rambut  Anda dengan mencucinya menggunakan larutan air sabun agar terbebas dari kutu dan telurnya. Setelah itu, pastikan tidak ada kutu dan telur kutu yang tersangkut pada sisir dengan mengelapnya menggunakan kain yang bersih atau tisu.


Jika Anda yakin dari sebagian rambut Anda sudah terbebas dari telur kutu, jepitlah rambut tersebut agar telur kutu yang masih ada pada bagian lainnya tidak mengenai bagian yang bersih dan mulailah dengan membersihkan bagian rambut yang lain dari telur kutu, dan lakukan selanjutnya sampai seluruh rambut terbebas dari telur kutu.


Untuk menghilangkan keraguan Anda bahwa kepala Anda telah terbebas dari kutu dan telurnya, tidak ada salahnya jika Anda keramas menggunakan shampoo kutu sekali lagi. Lalu bilas hingga bersih.


Setelah rambut kering, Anda perlu memeriksa rambut dengan teliti, apakah masih ada telur kutu yang menempel pada rambut. Jika masih ada, ulangilah proses diatas sampai telur kutu benar-benar hilang dari kepala Anda.


Setelah proses selesai, bersihkan alat-alat yang Anda gunakan dengan cara merendamnya ke dalam larutan segelas amonia yang dicampurkan dengan air mendidih, dan biarkan selama 20 menit. Lalu bersihkan sisir kutu menggunakan sikat, selanjutnya bilas hingga bersih.  Jika sudah bersih, suatu saat alat-alat tersebut masih bisa digunakan kembali.



Cara mencegah agar tidak tertular kutu rambut


Kutu rambut sangat cepat dan mudah dalam penyebarannya. Diantaranya adalah,  -Terjadinya kontak antar kepala atau rambut yang saling bersentuhan dengan orang yang terserang kutu rambut.


Menggunakan alat atau aksesoris secara bergantian dengan orang yang terserang kutu rambut. Misalnya, sisir, topi, bantal. guling, kerudung, atau alat lainnya yang memungkinkan menjadi jembatan penyebaran.


Agar Anda tidak tertular kutu rambut dan mencegah penyebarannya, maka berusahalah untuk menghindari hal-hal di bawah ini:




  1. Jangan meminjam sisir, sikat, handuk atau peralatan lainnya pada orang yang diserang kutu rambut. Jika Anda terserang kutu, rendamlah seluruh alat yang biasanya menjadi tempat tersangkutnya kutu ke dalam air panas selama 15 menit.

  2. Jangan saling bertukar pakaian, jepit rambut atau pengikat rambut dengan orang yang diserang kutu rambut.

  3. Hindari tidur bersama dengan orang yang diserang kutu rambut.

  4. Cegahlah penyebaran kutu dengan selalu menjaga kebersihan dan cucilah segala peralatan atau pakaian dan handuk menggunakan air panas bersuhu diatas 50 derajat celcius dan mengeringkannya menggunakan metode panas tinggi.

  5. Bila perlu gunakan alat penghisap debu untuk membersihkan lantai atau tempat yang digunakan untuk beraktivitas orang yang terserang kutu rambut, karena bisa jadi kutu rambut yang ada di kepalanya terjatuh di lantai atau menempel pada kursi yang sudah didudukinya. Dengan alat penghisap debu, maka kutu dan telurnya yang menempel dapat terhisap.


Jika cara-cara  di atas telah Anda lakukan, tapi kutu rambut dan telurnya masih belum hilang juga, ada baiknya jika Anda konsultasikan ke dokter. Karena pada kasus kutu rambut yang ekstrim, dokter akan memberikan resep khusus untuk mengatasi hal tersebut.


Nah, demikianlah pembahasan mengenai cara menghilangkan telur kutu rambut. Semoga berguna!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel