Cara Membuat Infused Water untuk Diet

Cara membuat infused water untuk diet, KecantikanPedia.com – Tahukah Anda apakah infused water? Infused water atau sebagian orang menyebutnya dengan spa water dilakukan dengan cara mencampurkan potongan buah ke dalam satu botol air mineral, lalu dikocok merata, ditutup dan disimpan di dalam kulkas minimal dua jam sampai sari buah dan rasanya menyatu dengan air mineral tersebut. Jika disimpan dalam rendaman air mineral dalam waktu yang lama, maka potongan buah menjadi lembek dan jika dimakan rasanya tidak enak. Maka potongan buah tersebut perlu dibuang, karena sari buahnya sudah menyatu dengan air.

Jika Anda ingin minum air putih beraroma segar buah-buahan, cara ini baik sekali untuk Anda karena gizi yang terdapat dalam potongan buah yang dicampurkan juga bermanfaat untuk kesehatan Anda. Tetapi ingat, jangan menambahkan campuram pemanis lainnya, seperti gula atau sirup.

Cara yang praktis dan bisa Anda buat sendiri serta sangat bermanfaat bagi kesehatan Anda. Disamping mendapatkan minuman yang menyegarkan, Anda juga bisa menerapkan pola hidup sehat dengan memenuhi asupan nutrisi yang pas untuk tubuh Anda.

Anda tidak perlu mencari resep khusus dalam minuman segar ini. Buah apa saja bisa Anda kombinasikan menjadi menuman segar dan menyehatkan seperti ini. Namun meski demikian, tidak ada salahnya Anda mencoba beberapa resep lainnya.

Manfaat Infused water untuk Tubuh, Kecantikan Kulit dan Menurunkan Berat Badan

Benarkah infused water bermanfaat bagi kesehatan? Banyak yang mengklaim bahwa infused water sangat bermanfaat bagi kesehatan. Benarkah demikian? Ikuti ulasan berikut tentang  beberapa klaim mengenai infused water dan manfaatnya serta fakta yang ada sebelum dibahas lebih lanjut tentang cara membuat infused water untuk diet.

  • Sebagai sarana detoks dan cara melancarkan metabolisme tubuh

Sarana detoks dapat dilakukan dengan cara mengkonsumsi air mineral yang telah dicampurkan dengan potongan lemon. Cara ini diklaim sebagai sarana detoks karena racun yang menumpuk di dalam tubuh dapat dihilangkan dengan cara ini. Tetapi juga tidak terbukti bahwa terdapat racun yang menumpuk di dalam tubuh, karena jika terdapat racun yang menumpuk di dalam tubuh, ada kemungkinan tubuh tersebut akan sering sakit. Jadi, secara klinis detoks belum terbukti manfaatnya.

  • Dapat dijadikan sebagai antipenuaan

Buah-buahan memang kaya akan zat antioksidan dan air mineral juga bermanfaat untuk melembabkan kulit secara alami, sehingga jika buah-buahan dipadukan dengan air mineral, hal ini dipercaya mampu menghambat proses penuaan.

Antioksidan yang terdapat dalam buah-buahan memang bermanfaat untuk menangkal radikal bebas yang dapat menimbulkan berbagai penyakit dalam tubuh manusia dan juga kesehatan kulit. Dengan mengkonsumsi berbagai buah-buahan dan sayuran memang berdampak positif untuk menghambat proses penuaan.

 Karena itu, konsumsi infused water memberikan khasiat yang lebih dalam menghambat penuaan jika dibandingkan hanya minum air putih saja. Jadi, terbukti infused water sangat ampuh sebagai anti penuaan. Tetapi konsumsi sayur dan buah-buahan secara langsung juga lebih baik lagi.

  • Sebagai sarana diet yang lebih ideal

Infused water dipercaya sebagai sarana diet dalam menurunkan berat badan dengan cara sehat. Walaupun belum terbukti secara medis tentang klaim tersebut, tetapi telah terbukti berat badan ideal dan sehat dapat dicapai dengan melakukan olahraga teratur dan mengikuti pola makan sehat.

Meskipun belum ada penelitian yang membuktikan manfaat infused water bagi kesehatan, tetapi jangan ragukan tentang keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari infused water. Biasanya Anda yang tidak suka minum air putih lebih suka minum kopi, teh dan minuman instan lainnya. Dari pada Anda minum minuman yang tidak memberikan manfaat kesehatan bagi Anda, lebih baik Anda minum infused water. Minuman yang beraroma dan berasa segar buah-buahan alami ini akan memberikan manfaat dalam memenuhi kebutuhan cairan tubuh Anda.

Mengkonsumsi minuman yang mengandung kafein sebenarnya tidak dapat memenuhi kebutuhan cairan tubuh, tetapi justru dapat membuat tubuh kekurangan cairan. Dinilai dari segi ekonomisnya juga lebih ekonomis air mineral yang bisa dibuat menjadi infused water dengan aneka macam buah-buahan sesuai selera Anda.

Buah Apa Saja yang Baik Digunakan untuk Dijadikan Infused Water?

Pada dasarnya buah apapun bisa digunakan sebagai infused water. Namun, ada beberapa jenis buah yang biasanya sering digunakan, misalnya jeruk, strawberry, apel, belimbing, kiwi, mangga, lemon, dan nanas. Yang perlu diperhatikan adalah bahwa buah yang digunakan sebagai infused water tidak berasa manis, tetapi buah yang memiliki rasa asam.

Biasanya infused water yang disimpan ke dalam lemari es dalam waktu minimal 6 jam, akan dapat bertahan hingga tiga sampai lima hari tergantung dari jenis buah yang digunakan.

Resep Cara Membuat Infused Water untuk Diet Menurunkan Berat Badan

Sebenarnya tidak sulit membuat infused water. Hanya cukup dengan menyediakan buah yang akan dipakai, lalu memotongnya kecil-kecil dan memasukkannya ke dalam botol yang berisi air mineral. Perbandingan antara buah dengan air mineral adalah, untuk 100 ml air bisa dicampurkan 5 hingga 10 buah. Bila buahnya berasa sangat masam, tambahkan sedikit gula agar rasanya tidak terlalu masam. Bagi Anda yang sedang diet, gunakan gula khusus untuk diet. Setelah semua siap, segera tutup botolnya dan masukkan ke dalam kulkas sekitar dua jam atau lebih. JIka buah telah digunakan sebagai infused water, sebaiknya buang potongan buah tersebut apalagi bila buah tersebut sudah tidak segar lagi.

cara membuat infused water untuk diet

Anda juga bisa membuat infused water dengan paduan beberapa buah berikut dan dapatkan manfaatnya;

  1. Lemon, timun dan jeruk nipis

Paduan dari lemon, timun, dan jeruk nipis bermanfaat untuk mengendalikan nafsu makan sehingga sangat baik sebagai penunjang diet. Selain itu, infused water ini juga bermanfaat untuk mengatasi perut kembung, dehidrasi, dan menjaga kesehatan pencernaan.

Sediakan buah lemon, timun dan strawberry masing-masing satu buah. Cara membuatnya cukup mudah, yaitu:

  • Siapkan air mineral 1 atau 2 liter air mineral
  • Iris lemon menjadi lima bagian dan masukkan ke dalam botol
  • Ambil sari jeruk nipis dengan memeras airnya
  • Potong timun tipis-tipis dan masukkan ke dalam botol
  • Campurkan semua buah ke dalam air mineral, lalu masukkan ke dalam kulkas hingga 2 jam.
  1. Kiwi dan strawberry

Campuran kedua buah ini bermanfaat untuk menurunkan kadar gula, menjaga kesehatan kardiovaskular, menyehatkan pencernaan, dan mempertahankan sistem kekebalan tubuh.

Berikut adalah bahan yang harus Anda sediakan:

  • 6 buah kiwi
  • 1 kotak buah strawberri

Cara membuatnya,

Potong-potong buah kiwi dan strawberry, tetapi jangan terlalu tipis, lalu masukkan semua potongan buah tersebut ke dalam 1 hingga 2 liter air dan masukkan ke dalam kulkas, biarkan selama 2 jam. Setelah 2 jam Anda bisa menikmati infused water dari buah kiwi dan strawberry dan rasakan kesegarannya.

  1. Jeruk nipis, teh hijau, dan daun mint

Infused water dari paduan jeruk nipis, teh hijau, dan daun mint bermanfaat untuk meredakan sakit kepala, membantu memperbaiki sistem pernafasan, membakar lemak, menjaga kesehatan pencernaan, dan membantu mengatasi selulit.

Zat anti oksidan yang terkandung dalam teh hijau berguna sebagai anti kanker dan dapat menjaga sistem kekebalan tubuh.

Siapkan bahan berikut:

  • 2 buah jeruk nipis
  • Daun teh hijau secukupnya
  • 3 lembar daun mint

Proses:

Cara membuatnya cukup mudah, siapkan air mineral 1 hingga 2 liter, lalu masukkan daun teh hijau, daun mint yang telah dipotong-potong dan air jeruk nipis yang telah diperas. Masukkan ke dalam kulkas dan biarkan hingga 2 jam.

Infused water yang dibuat dari bahan alami mampu memberikan kesegaran saat meminumnya dan bermanfaat untuk kesehatan tubuh Anda. Selalu menjaga kesehatan tubuh adalah yang paling utama. Olahraga teratur dan ikuti pola hidup sehat dengan mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh dan selalu menjaga kebersihan adalah cara diet yang sehat.

Dengan pola hidup sehat juga membantu infused water dapat bekerja maksimal dalam menjaga kesehata tubuh Anda. Jika Anda belum pernah membuatnya, cobalah, dan rasakan manfaat dan kesegarannya!

Semoga artikel tentang cara membuat infused water untuk diet guna menurunkan berat badan agar lebih ideal dan seksi tersebut bermanfaat bagi Anda. Mohon maaf bila ada kesalahan dan terima kasih ya karena sudah meluangkan waktu Anda untuk membaca artikel ini 😀

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *