Note: Website ini dalam masa maintenance, jadi mohon maaf apabila ada ketidakteraturan format tulisan atau gambar yang tidak muncul. Kami sedang memperbaikinya segera. Terima kasih!

Cara Melepas Lensa Kontak Mata Robek yang Benar

Cara Melepas Lensa Kontak di Mata yang Robek - Lensa kontak memang memiliki tekstur lembut dan lunak, sehingga mudah robek. Apalagi jika lensa kontak tersebut sangat tipis dan mengandung banyak air, maka akan lebih mudah robek.


Robeknya lensa kontak dapat terjadi karena kurang tepat dalam pemakaian sekaligus pelepasannya, atau bisa juga disebabkan karena lensa yang kering terlalu lama.


Cara Melepas Lensa Kontak Mata Robek yang Benar


Segera lakukan tindakan untuk melepas lensa kontak dari mata Anda, jika telah robek. Berikut adalah cara melepaskan lensa kontak:




  1. Pakailah cermin untuk mengetahui adanya serpihan lensa kontak pada mata!

  2. Sebelum Anda mengeluarkan lensa kontak, pastikan tangan Anda bersih dari kotoran dan debu dengan mencucinya hingga bersih dan mengeringkannya dengan handuk. Karena kotoran atau debu yang menempel pada tangan, bila mengenai mata dapat menimbulkan iritasi pada mata.

  3. Untuk memudahkan mengeluarkan serpihan lensa kontak, terlebih dahulu teteskan cairan tetes mata pada mata Anda agar mata Anda dan serpihan lensa kontak menjadi lembab, sehingga mudah mengeluarkannya dan tidak ada lagi serpihan lensa kontak yang tertinggal atau menempel di mata.

  4. Keluarkan serpihan lensa kontak dengan menarik kelopak mata bagian bawah dengan jempol dan jari tengah yang akan menonjolkan bola mata, sehingga bagian mata yang paling sensitif, yaitu kornea mata dan pupil terhindar dari sentuhan jari.

  5. Kemudian pindahkan serpihan lensa kontak secara perlahan ke bagian bawah mata dengan menggunakan jari tengah, dan ambil atau tarik keluar serpihan lensa kontak dengan menggunakan jempol dan jari telunjuk tangan yang satunya lagi secara perlahan.

  6. Untuk memastikan sudah tidak ada lagi serihan lensa kontak yang tertinggal di mata, basahi dan kumpulkan lensa kontak yang sudah dikeluarkan tersebut.

  7. Setelah itu, tarik kelopak mata bagian atas menggunakan jempol dan jari tengah, lalu arahkan bola mata ke bawah dengan memandang jauh pada bagian bawah yang bertujuan untuk menggeser lensa kontak di tepi bawah ke bagian tengah mata. Lakukan juga hal ini untuk menggeser lensa kontak bagian di tepi atas ke bagian tengah mata dengan menarik kelopak mata bagian bawah dan mengarahkan pandangan ke atas sejauh mungkin.

  8. Pastikan sudah tidak ada lagi serpihan lensa kontak yang tertinggal di mata dengan memeriksanya secara langsung atau menyentuhnya menggunakan jari Anda.


Bagaimana, mudah bukan melakukannya? Anda pasti bisa. Mohon maaf bila ada kesalahan dan terima kasih atas waktunya untuk membaca artikel tentang cara melepas lensa kontak mata yang robek. Semoga membantu dan selamat mencoba!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel