Note: Website ini dalam masa maintenance, jadi mohon maaf apabila ada ketidakteraturan format tulisan atau gambar yang tidak muncul. Kami sedang memperbaikinya segera. Terima kasih!

Contoh Cat Warna Rambut yang Cocok untuk Kulit Sawo Matang

Warna rambut yang cocok untuk kulit sawo matang, KecantikanPedia.com - Wanita akan terlihat lebih feminin dengan rambut yang tergerai indah, apalagi jika rambutnya panjang terurai dan terawat dengan baik, semakin menambah pesona bak bidadari turun dari surga.


Rambut selalu menjadi kebanggaan setiap wanita, karena rambut adalah mahkota baginya. Begitu berharganya rambut bagi wanita, hingga lebih dikenal sebagai mahkota yang identik dengan simbol para raja dan ratu yang menjadi lambang kekuasaan.


apa contoh cat warna rambut yang cocok untuk kulit sawo matangTuhan telah menciptakan rambut sedemikian rupa sehingga rambut tidak hanya untuk menambah daya tarik dari kecantikan, melainkan juga berfungsi untuk melindungi dan menghangatkan kepala. Rambut selalu tumbuh memanjang, karena darah memberikan nutrisi pada folikel rambut yang berada di bawah kulit kepala yang merupakan akar dan bertugas untuk melindungi tunas rambut.


Jika Anda menjumpai rambut yang bercabang dan pecah-pecah, adalah akibat dari kurangnya nutrisi untuk rambut dan perawatan yang tidak tepat. Minyak alami yang dihasilkan oleh kelenjar minyak yang berada di bawah kulit kepala tidak dapat menjangkau ujung rambut karena kurangnya nutrisi rambut, sehingga rambut menjadi kering dan rapuh, yang mengakibatkan ujung rambut menjadi bercabang dan pecah-pecah.


Perawatan rambut yang tidak tepat juga dapat mengakibatkan rambut bercabang dan pecah-pecah, misalnya karena pemilihan shampoo dan sisir yang tidak tepat, serta pewarnaan pada rambut. Perlu dilakukan cara untuk mengatasi rambut bercabang dan pecah-pecah tersebut, agar rambut Anda tetap indah dan terjaga kesehatannya. Yang harus Anda lakukan adalah menutrisi akar rambut dengan memberikan serum dan vitamin untuk rambut, serta memotong ujung rambut yang bercabang. Sebaiknya hindari pewarnaan rambut terlalu sering, karena dapat merusak rambut. Lebih baik warna alami rambut tetap dipertahankan dengan perawatan yang tepat.


Warna alami rambut dipengaruhi oleh pigmen yang dikandungnya. Pigmen adalah melanin yang memberi warna pada rambut. Sedangkan melanin terbagi atas dua jenis, yaitu eumelanin dan feomelanin. Eumelanin adalah pigmen rambut yang memberi warna hitam, sedangkan feomelanin adalah pigmen rambut yang memberi warna terang atau pirang. Oleh karena itu, jika kandungan eumelanin semakin banyak, maka rambut akan terlihat semakin hitam, begitu juga untuk foemelanin.



Keuntungan, Kelebihan, Manfaat Punya Warna Kulit Sawo Matang


Sebelum membahas lebih lanjut mengenai warna rambut yang cocok untuk kulit sawo matang, kita akan share terlebih dahulu beberapa keunggulan bagi pemilik kulit ini.


Seperti diketahui, beragam bangsa di dunia, beragam pula warna kulitnya, tetapi mereka tetap menghuni bumi yang sama dengan yang kita pijak. Ada bangsa berkulit putih, ada pula bangsa berkulit hitam, serta bangsa berkulit sawo matang seperti bangsa yang mendiami kepulauan Indonesia dan bangsa-bangsa Asia lainnya. Apa yang menyebabkan bangsa Indonesia berkulit sawo matang?




  • Beda tempat dibelahan bumi, beda pula sinar mataharinya


Bersyukurlah kita yang mendiami bumi pertiwi Indonesia. Karena di daerah ini beriklim tropis, sehingga kita tetap merasakan hangatnya matahari sepanjang tahun dan memanfaatkan keuntungannya. Bumi yang berbentuk bulat dan berputar pada porosnya mengakibatkan intensitas sinar matahari berbeda pada setiap belahan bumi, sehingga pada belahan bumi utara dan selatan, matahari tidak akan bersinar sepanjang tahun sehingga udara yang dirasakan juga sangat dingin. Karena itulah banyak turis-turis asing yang tak menyia-nyiakan kesempatan berjemur untuk mendapatkan paparan sinar matahari yang selama ini jarang mereka dapatkan, walaupun mereka mengetahui resiko yang akan mereka dapatkan dari paparan sinar matahari yang menyengatnya tersebut.


Banyak manfaat yang dapat Anda peroleh dari sinar matahari, tetapi ada juga bahayanya. Sinar yang dipancarkan oleh matahari mengandung ultraviolet yang berbahaya bagi kulit karena bisa mengakibatkan kanker kulit, dan biasanya menyerang orang-orang yang tidak memiliki pigmen melanin. Sedangkan bagi mereka yang memiliki pigmen melanin dapat terhindar dari penyakit ini, karena pigmen melanin dapat mengolah sinar ultraviolet, dan ternyata pigmen melanin banyak dimiliki oleh orang-orang yang berkulit sawo matang.




  • Bersyukurlah bagi Anda yang dianugerahi kulit sawo matang


Kandungan pigmen melanin yang banyak pada kulit hanya dimiliki oleh kulit yang berwarna sawo matang, sedangkan bangsa-bangsa di dunia memiliki pigmen melanin yang berbeda. Seperti bangsa kulit putih, hanya memiliki sedikit pigmen melanin pada kulitnya, sehingga resiko terkena kanker kulit akibat paparan sinar matahari secara langsung sangat besar, dan mereka akan berusaha menghindari terkena sinar ultraviolet matahari.


Sedangkan masyarakat Indonesia umumnya memiliki kulit berwarna sawo matang karena kandungan pigmen melanin yang cukup banyak. Hal inilah yang membuat kulit berwarna sawo matang lebih kuat menahan paparan sinar matahari dan terhindar dari kanker kulit yang menakutkan.




  • Temukan keindahan kulit Anda


Jangan merasa minder dengan warna kulit sawo matang, ambil manfaatnya. Anda akan merasakan bahwa kulit Anda adalah anugerah yang luar biasa yang tidak bisa dimiliki oleh bangsa kulit putih, karena kulit Anda mengandung banyak pigmen melanin yang dapat menjadi pelindung alami dari sinar matahari.


Apalagi jika Anda selalu merawatnya agar selalu terjaga kesehatannya, maka Anda akan mendapatkan kulit yang bersih, indah alami dan mempesona.



Kulit Sawo Matang Cocok Rambut Warna Apa?


Menurut Indra Tanudarma, Education Manager L’Oreal Professionel, orang Indonesia yang memiliki kulit cenderung sawo matang sebaiknya memilih warna rambut dengan level yang tidak terlalu tinggi, maksimal pada level lima.




“Level lima dari level sepuluh sangat cocok bagi orang yang berkulit sawo matang” katanya.



Ia menandaskan bahwa ada dua pilihan warna, yaitu cool brown dan reddish brown. Cool brown lebih cenderung pada coklat yang lebih flat. Pigmen rambut Anda sebenarnya sudah bersuhu hangat, dan jika dipadukan dengan warna yang juga hangat, akan memperoleh warna yang lebih terang, akibatnya kulit wajah yang berwarna sawo matang akan terlihat kusam.




“Oleh karena itulah, seharusnya padukan warna yang lebih dingin agar memperoleh warna yang lebih natural” tambah Indra.



Sehingga ia menyarankan agar orang Indonesia lebih pandai dan berani dalam pemilihan warna rambut, dan warna rambut yang cocok untuk orang berkulit sawo matang adalah merah, ungu, dan burgundy.


Ombre hair yang merupakan tren pewarnaan rambut saat ini juga dapat diaplikasikan untuk kulit sawo matang. Kepada KompasFemale, saat ditanya tentang Ombre Hair apakah masih bisa bertahan menjadi tren warna hingga tahun depan, Chris mengungkapkan,




“Antara iya dan tidak. Ombre Hair adalah inovasi dari pewarnaan rambut yang sangat unik, sehingga kami akan terus menciptakan inovasi tentang teknik Ombre Hair.”



Butuh waktu yang cukup lama untuk menciptakan perubahan pada tren warna rambut dalam industri pewarnaan rambut. Indra mengatakan bahwa tren Ombre Hair dapat bertahan hingga lima tahun mendatang, dan selanjutnya muncullah tren warna rambut yang baru lagi.




“Hal inilah yang memmbuat para hairdresser juga kami ajarkan agar berkreasi dalam menciptakan tren yang terbaru,” ungkapnya.



7 Contoh Warna Rambut yang Cocok untuk Kulit Sawo Matang Pria / Wanita


Kulit yang berwarna sawo matang tergolong warna yang cukup gelap, sehingga untuk menyesuaikan dengan penampilan, pemilihan warna rambut yang tepat sangat berpengaruh. Karena kulit yang cenderung gelap juga sulit dalam pemilihan warna cat  rambut.


Jika pewarnaan rambut tidak sesuai dengan warna kulit, yang terjadi adalah dapat merusak penampilan karena wajah Anda akan terlihat lebih kusam, sehingga membuat Anda kehilangan rasa percaya diri. Berikut adalah warna rambut yang sesuai untuk kulit sawo matang, dilansir dari boldsky.com.


1. Cokelat


Warna cokelat adalah warna yang paling cocok untuk kulit sawo matang. Dengan warna ini Anda bisa berkreasi menata rambut dengan lebih berani, untuk mendukung penampilan cantik Anda.


2. Mahogany


Warna yang agak kemerahan ini memang cocok jika pakai oleh pemilik kulit sawo matang, karena warna ini dapat dipadukan dengan warna kulit apapun, termasuk sawo matang.


3. Cokelat gelap


Cokelat gelap tampak lebih natural jika dipadukan dengan warna kulit sawo matang, sehingga seakan rambut Anda lebih indah alami tanpa pewarnaan. Cobalah warna ini!


4. Burgundy


Burgundy yang terkesan hangat akan membantu kulit cenderung gelap tampak lebih cerah dan bersinar, sehingga warna ini pas jika gunakan oleh pemilik kulit sawo matang.


5. Cinnamon


Paduan antara warna burgundy, cokelat dan merah ini akan memberikan kesan cerah, karena cinnamon merupakan warna yang mencolok. Anda dapat tampil beda dengan warna ini, lebih cantik dan tidak kusam.


6. Brunette atau cokelat keemasan


Wanita yang kulitnya cenderung gelap sangat cocok bila rambutnya berwarna cokelat keemasan. Warna ini akan membuatnya tampil lebih anggun.


7. Full ombre


Warna ini akan lebih ramai jika diaplikasikan untuk rambut orang yang berkulit sawo matang. Gunakan paduan dua warna atau warna merah dengan teknik ombre. Bisa juga mengaplikasikan warna gelap pada pangkal rambut, dan pada ujung rambut gunakan warna merah. Anda dapat tampil lebih trendy dengan warna ini.



Tertarik Mewarnai Rambut yang Bagus Sesuai Tren Warna Cat Rambut / Semir Terbaik?


Salah satu upaya sebagai bentuk ekspresi diri adalah dengan mewarnai rambut. Tetapi tidak semua pewarnaan rambut akan membuat Anda semakin cantik, tapi malah justru sebaliknya jika pewarnaannya tidak sesuai dengan warna kulit Anda. Jadi, Anda harus pandai dalam memilih warna yang cocok untuk kulit Anda. Karena warna rambut akan sangat berpengaruh terhadap penampilan seseorang. Berhati-hatilah dan jangan sampai salah pilih.




“Warna rambut adalah cermin kepribadian seseorang. Itu karena warna rambut dapat membuatnya lebih cantik ataupun justru sebaliknya,” kata Rudy Hadisuwarno, seorang ahli penata rambut k pada acara Matrix Education Tour di Epicentrum Walk, Kuningan, Jakarta.



Rudy menganjurkan agar memilih warna rambut yang berkualitas baik jika ingin mewarnai rambut. Karena pewarna rambut yang berkualitas baik akan memberikan hasil yang baik pula serta terhindar dari resiko rambut rusak, seperti rambut kering, pecah-pecah dan bercabang. Sedangkan pada proses bleaching yang biasanya dilakukan sebelum mewarnai rambut, tidak semua orang cocok, karena pada beberapa orang hal ini dapat memicu rambut stress, dan selanjutnya menjadi rontok.


Yang perlu diperhatikan adalah menyesuaikan antara warna rambut dan warna kulit.




“Rata-rata warna kulit dari orang Indonesia adalah sawo matang, jadi harus disesuaikan dengan warna kulitnya” ungkap Rudy.



Rudy menuturkan agar menghindari warna rambut yang cocok untuk kulit sawo matang yang terlalu terang atau mencolok, seperti warna permen, blonde, dan platinum blonde, karena hal ini bisa membuat kulit wajah tampak lebih kusam dan gelap.


Warna rambut yang sesuai untuk kulit wanita Indonesia adalah warna yang cenderung gelap, seperti cokelat, kemerahan dan ungu tua. Warna yang sedikit gelap tersebut akan memberikan kesan untuk wajah tampak lebih cerah, karena warna rambut seperti ini lebih tua jika dibandingkan warna kulitnya. Namun, Anda bisa mewarnai rambut lebih berani dengan warna neon atau warna permen terang walaupun hanya sebagai highlight.


Diantara kulit orang Indonesia ada yang tergolong putih. Untuk warna kulit seperti ini, warna rambut yang lebih berani dapat menjadi pilihannya, tetapi tetap memperhatikan kepribadian yang sesuai sebagai orang Indonesia.




“Jangan paksakan diri Anda untuk memakai warna yang terang, karena hal itu justru bisa membuat Anda tidak percaya diri. Itu karena orang Indonesia kan tidak terbiasa dengan warna rambut yang terang seperti layaknya artis Hollywood,” tutupnya.



Bagaimana, Anda tertarik warna rambut apa? Semoga pembahasan mengenai warna rambut yang cocok untuk kulit sawo matang tersebut berguna bagi Anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel