Note: Website ini dalam masa maintenance, jadi mohon maaf apabila ada ketidakteraturan format tulisan atau gambar yang tidak muncul. Kami sedang memperbaikinya segera. Terima kasih!

Cara Mencegah Bibir Kering dan Pecah-Pecah

Bibir pecah-pecah biasanya terjadi karena panas dalam. Bibir pecah-pecah dapat mengganggu penampilan, dan yang paling mengesalkan adalah terasa sakit. Bukan hanya panas dalam yang menjadi penyebab bibir pecah-pecah, tetapi juga dapat disebabkan dehidrasi dan kurangnya perawatan pada bibir.


Bibir yang sehat akan tampak lebih segar dan indah. Untuk menjaga bibir agar terawat dengan baik dan segar serta terhindar dari pecah-pecah, lakukan beberapa hal berikut:




  • Aplikasikan lip balm


Selalu aplikasikan lip balm yang mengandung SPF untuk menjaga agar bibir tetap lembab dan melindunginya dari sinar matahari.




  • Jagalah agar bibir tetap lembab dan hangat


Cuaca dingin bukannya membuat bibir lembab, tapi justru akan membuat bibir semakin kering. Bibir yang kering inilah yang menjadi pemicu bibir pecah-pecah. Saat cuaca dingin, lindungi bibir Anda menggunakan masker bibir atau scarf. Scarf akan menjaga bibir tetap hangat walaupun diterpa angin dingin, sehingga bibir tidak mudah kering.


bibir cantik tanpa kering & pecah-pecah




  • Hindari menjilati bibir


Meskipun Anda terbiasa menjilati bibir yang terasa kering, mulai sekarang hilangkan kebiasaan ini. Karena menjilat bibir untuk membasahinya bukannya membuat lembab, tetapi justru akan membuatnya lebih cepat kering. Hal ini yang menjadi pemicu bibir pecah-pecah.




  • Penuhi kebutuhan cairan tubuh dan perbanyaklah minum


Air merupakan kebutuhan pokok tubuh untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Kekurangan cairan dapat menyebabkan kulit kering sehingga menyebabkan bibir pecah-pecah. Untuk itu perbanyaklah minum air putih untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Selain itu air juga mengandung mineral penting yang sangat baik untuk kesehatan.




  • Jangan menggosok bibir dengan cleanser secara berlebihan


Menggosok bibir dengan cleanser secara berlebihan akan membuat semakin kering, sehingga bibir mudah pecah-pecah.




  • Gunakan scrub bibir


Gosoklah bibir menggunakan scrub bibir agar bibir tetap terjaga kesegarannya.




  • Jangan bernafas lewat mulut


Bernafas lewat mulut dapat membuat bibir lebih cepat kering, sehingga bibir mudah pecah-pecah. Jadi, lebih baik bernafaslah lewat hidung agar bibir Anda tidak cepat kering.




  • Perhatikan penggunaan pembersih wajah


Jika Anda membersihkan wajah, hindari menggunakan pembersih wajah yang mengandung salicylic acid dan benzoil peroxide, karena kedua bahan tersebut dapat menyebabkan bibir pecah-pecah.


Nah, diharapkan dengan adanya beberapa tips tersebut akan membantu Anda agar terhindar dari masalah bibir kering dan pecah-pecah. Selamat mencoba!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel