Apakah Coklat Bisa Bikin Jerawatan?

Cokelat selalu disukai karena rasanya yang lezat. Cokelat juga menjadi lambang romantis pasangan remaja yang sedang jatuh cinta. Tetapi, benarkah cokelat dapat memicu timbulnya jerawat dan masalah kulit lainnya? Sayang sekali jika pernyataan itu benar dan harus melewatkan cokelat yang lezat ini. Ingin tahu kebenarannya apakah makan coklat bisa bikin jerawatan ? Kita simak saja ulasan berikut.

Ahli kulit dari Los Angeles, Dr. Ava Shamban mengungkapkan bahwa makan cokelat tidak akan berpengaruh terhadap timbulnya jerawat. Tetapi terdapat faktor lainnya yang menimbulkan jerawat, salah satunya adalah stress.

cokelat penyebab jerawat

Makanan yang dapat memicu timbulnya jerawat adalah makanan yang mengandung kadar gula tinggi sehingga produksi sebum di kelenjar kulit meningkat. Tingginya kadar gula inilah yang dapat memicu pecahnya insulin sehingga produksi minyak dalam kulit juga meningkat.

Pada umumnya cokelat hitam (dark chocolate) dan cokelat putih selalu dikonsumsi dengan berbagai macam olahan. Apakah kedua macam cokelat tersebut juga aman untuk kulit?

“Cokelat putih mengandung lebih banyak susu dan gula dibandingkan cokelat hitam, dan untuk beberapa orang, kedua substansi itu bisa menjadi pemicu pada perubahan hormon sehingga dapat menimbulkan radang kulit.” kata Dr. Shamban.

Sedangkan cokelat hitam sangat bermanfaat bagi kesehatan, diantaranya baik untuk sistem kardiovaskular dan kulit.

Cocoa yang terkandung dalam cokelat hitam meliputi flavonoid, procyanidin, dan catechin yang merupakan zat antioksidan yang mampu mengurangi resiko rusaknya kolagen sehingga kesehatan dan kecantikan kulit senantiasa terjaga dengan baik. Garis-garis halus serta keriput mampu dicegah dengan adanya kolagen ini. Selain itu, kolagen juga merupakan struktur organik yang membangun kulit, tulang, gigi dan sendi otot.