Note: Website ini dalam masa maintenance, jadi mohon maaf apabila ada ketidakteraturan format tulisan atau gambar yang tidak muncul. Kami sedang memperbaikinya segera. Terima kasih!

Lebih Baik Mencuci Wajah dengan Air Hangat atau Dingin?

Pilih mencuci wajah dengan air hangat atau dingin? - Memang ada pendapat yang berbeda tentang cara mencuci wajah dan air yang digunakan. Banyak yang berpendapat bahwa mencuci wajah menggunakan air hangat dapat membuka pori-pori kulit dan dapat membantu membersihkan wajah hingga bersih, sekaligus mengencangkan kulit dan mencegah munculnya keriput di wajah.


Benarkah hal itu? Lalu, bagaimanakah cara mencuci wajah yang benar, menggunakan air hangat atau air dingin? Dilansir dari health.howstuffwork.com, air yang digunakan dalam mencuci wajah, sebaiknya tidak terlalu panas atau terlalu dingin, karena hal tersebut dapat merusak kuit wajah. Sebenarnya pendapat tentang air hangat yang dapat membuka pori-pori kulit dan air dingin yang dapat menutup pori-pori bukanlah pendapat yang sepenuhnya benar.


mencuci wajah dengan air hangat atau dinginSeorang dermatolog asal Boston yang juga co-director Skincare Physicians, Dr. Jeffrey Dover mengatakan bahwa air hangat akan lebih mudah membersihkan wajah daripada air dingin. Namun harus hati-hati dalam menggunakannya, karena bila suhunya terlalu panas dapat menyebabkan iritasi pada kulit dan memecahkan pembuluh darah. Artinya, gunakan air yang bersuhu sedang agar tidak terjadi hal yang buruk pada kulit.


Semua dermatolog telah menyepakati kalau air hangat merupakan air yang cocok untuk mencuci wajah. Jessica Krant, MD juga pernah mengatakan, walaupun mencuci wajah menggunakan air hangat terasa nyaman, namun menggunakan air es atau air yang hangat-hangat kuku juga dapat memberi manfaat tersendiri. Hal ini karena air hangat dapat menghilangkan minyak alami kulit yang sehat terlalu cepat.


Lalu, bagaimana sebaiknya menggunakan air untuk mencuci wajah?


Gunakan air hangat yang suhunya sedang dan tidak terlalu panas. Agar Anda mendapatkan hasil terbaik, sebaiknya cuci wajah Anda sekali dalam sehari, pada waktu malam hari menggunakan air hangat-hangat kuku. Setelah itu, pakailah air dingin dan gunakan handuk yang lembut untuk menepuk-nepuk perlahan wajah Anda, kemudian keringkan. Untuk menjaga kelembaban kulit wajah, gunakan krim malam atau pelembab.


Semoga bermanfaat, terima kasih sudah membaca dan mohon maaf bila sekiranya bahasan tentang mencuci wajah dengan air hangat atau dingin ini terdapat kesalahan.


Referensi:


Content: Vemale.com


Image Source: www.enkivillage.com


(Baca Juga Artikel: Tips Memilih Scrub Wajah Sesuai Jenis Kulit  )

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel