Note: Website ini dalam masa maintenance, jadi mohon maaf apabila ada ketidakteraturan format tulisan atau gambar yang tidak muncul. Kami sedang memperbaikinya segera. Terima kasih!

Manfaat Vaseline Petroleum Jelly: Untuk Alis, Rambut, Bibir, Wajah dll

Manfaat vaseline petroleum jelly, KecantikanPedia.com - Nama vaseline mungkin lebih Anda kenal dari pada petroleum jelly. Namun, sebenarnya vaseline yang merupakan produk untuk perawatan kecantikan tersebut adalah salah satu merk dari produk petroleum jelly yang ditemukan oleh Robert Chesebrough pada tahun 1870, dan sudah dikenal sejak zaman dulu.


Vaseline merupakan perpaduan antara hidrokarbon yang jumlah karbonnya lebih tinggi dari 25, dengan benda semi padat yang dipasarkan sebagai obat salep. Vaseline sendiri telah diterima dan digunakan sebagai kosmetik untuk perawatan kecantikan, serta diakui oleh U.S. Food and Drug Administration sebagai protektan kulit.


Produk yang merupakan perpaduan dari paraffin, mineral oil, dan lilin micro crystalline ini dilebur menjadi satu dan dibentuk menjadi sebuah gel yang halus berwarna off white bening.
manfaat vaseline petroleum jellyMula-mula, vaseline dibuat untuk kepentingan medis, yaitu digunakan sebagai salep untuk mengobati goresan, luka bakar, dan luka-luka lainnya. Menurut hasil beberapa  study membuktikan bahwa produk tersebut tidak menimbulkan efek buruk dan tidak dapat terserap kulit, dan ternyata petroleum jelly hanya bekerja sebagai obat luka. Hal ini disebabkan lapisannya yang menutupi luka dan tidak mudah terinfeksi, sehingga kulit akan tetap elastis.


Di dunia kedokteran, vaseline atau petroleum jelly hanya bekerja sebatas sebagai penyembuh luka saja, tetapi lain halnya untuk perawatan kecantikan. Banyak sekali manfaat yang bisa diperoleh dari petroleum jelly.


Di Indonesia telah beredar dua jenis petroleum jelly yang dipasarkan di toko-toko kosmetik, supplier salon, dan dijual melalui online atau offline. Produk ini dijual dengan harga mulai Rp. 30.000,- ke atas tergantung lokasi dan jenis produknya.



Khasiat & Manfaat Vaseline Petroleum Jelly


Banyak kegunaan yang bisa diperoleh dari petroleum jelly, yaitu dapat mengatasi berbagai masalah kecantikan. Berikut adalah beberapa manfaat vaseline petroleum jelly:




  1. Base Eyeshadow


Banyaknya aktivitas tak menghalangi wanita dapat tampil menarik. Seperti memanfaatkan petroleum jelly yang dapat digunakan sebagai alas dasar riasan mata, yaitu dengan mengoleskan petroleum jelly di kelopak mata tipis-tipis, dan biarkan mengering. Lalu Anda dapat mengaplikasikan eyeshadow. Maka Anda akan mendapatkan perawatan sekaligus juga riasan mata dengan hasil lebih nyata dan indah.




  1. Dapat dijadikan sebagai scrub bibir


Masalah yang terjadi pada bibir, seperti bibir kering, pecah-pecah, dan kusam akan menjadi masalah yang serius bila tidak diatasi dengan segera. Cara mengatasinya cukup mudah, Anda hanya cukup mencampurkan sedikit petroleum jelly dengan garam dapur, dan aduk merata, lalu usapkan pada bibir perlahan, hingga kulit matinya mengelupas. Agar hasilnya maksimal, lakukan perawatan ini secara rutin tiga kali dalam seminggu.




  1. Membantu menghilangkan bekas luka


Luka yang membekas akan terlihat buruk, apalagi jika luka tersebut berada di wajah. Biasanya luka yang membekas adalah luka yang sembuhnya memakan waktu lama dan parah, seperti luka karena terjatuh atau terkena luka bakar. Jangan khawatir dengan bekas luka yang sulit diatasi ini. Petroleum jelly akan membantu  mengatasi masalah Anda. Caranya, oleskan petroleun jelly secukupnya pada bekas luka sebelum Anda tidur, dan biarkan semalam. Lakukan perawatan ini rutin setiap hari hingga bekas luka benar-benar hilang.




  1. Membuat bulu mata jadi semakin lentik


Bulu mata yang terlihat lebih lentik akan menambah penampilan riasan wajah lebih menarik. Anda dapat memanfaatkan petroleum jelly untuk melentikkan bulu mata Anda, dengan cara mengoleskan sedikit petroleum jelly pada bulu mata secara horizontal, dari akar bulu mata sampai pada ujungnya. Lakukan hal ini sebelum tidur dan biarkan semalam. Karena hasilnya perlahan, maka diperlukan kesabaran untuk perawatannya setiap hari secara rutin.




  1. Bisa membuat wangi parfum lebih tahan lama


Untuk membuat aroma parfum Anda tahan lama, oleskan petroleum jelly di tengkuk, lipatan siku, belakang pergelangan tangan, dan di belakang telinga sebelum Anda menyemprotkan parfum.




  1. Digunakan untuk melindungi cat kuku


Anda dapat melindungi cat kuku favorit Anda dengan cara mengoleskan petroleum jelly di atas cat kuku Anda agar tidak mudah mengelupas saat mengerjakan sesuatu.




  1. Mencegah timbulnya strech marks


Strech marks atau guratan putih di kulit perut akan muncul setelah melahirkan. Strech marks dapat diatasi dengan bantuan petroleum jelly. Caranya, oleskan petroleum jelly pada strech marks sebelum tidur dan setelah mandi. Lakukan perawatan ini setiap hari secara teratur, hingga strech marks hilang.




  1. Mengatasi masalah rambut bercabang


Rambut yang bercabang terjadi karena kurangnya nutrisi yang masuk hingga ke ujung rambut dan akhirnya mengering dan bercabang. Atasi masalah ini dengan mengoleskan petroleum jelly pada ujung-ujung rambut yang kering dan bercabang. Petroleum jelly juga dapat digunakan sebagai upaya pencegahan rambut rusak karena proses styling dengan suhu tinggi, yaitu dengan mengaplikasikannya sebelum styling.




  1. Menghilangkan iritasi


Iritasi pada kulit dapat disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya kulit yang sensitif terhadap salah satu bahan kosmetik, ruam atau kemerahan di kulit akibat gesekan perhiasan atau celana, dan lecet karena sepatu baru. Semua masalah tersebut dapat teratasi dengan mengoleskan petroleum jelly di tempat yang teriritasi.




  1. Digunakan sebagai lip gloss


Jika Anda merasa salah satu lipstik Anda sudah tidak cocok untuk Anda gunakan karena warnanya yang terlalu mencolok atau terlalu gelap, manfaatkan lipstik tersebut untuk membuat lip-gloss, agar lipstik tidak terbuang cuma-cuma. Petroleum jelly juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan pembuat lip-gloss. Sebelumnya siapkan beberapa bahan dan alat berikut:




  • Lipstik

  • Vaseline petroleum jelly

  • Wadah lip gloss

  • Spatula


Cara membuat lipgloss:


Siapkan wadah, dan campurkan sedikit potongan lipstik dengan Vaseline petroleum jelly di dalam wadah tersebut, lalu aduk hingga warnanya merata menggunakan spatula. Anda dapat menilai warna yang dihasilkan sesuai dengan keinginan Anda. Bila ukurannya kurang tepat, Anda bisa menambahkan petroleum jelly atau lipstiknya.




  1. Menjaga kelembaban rambut


Keramas dapat menghilangkan minyak alami rambut, sehingga kelembaban rambut juga akan berkurang. Jadi, sebelum keramas sebaiknya aplikasikan Vaseline Pure Petroleum Jelly. Tidak perlu mengaplikasikan pada seluruh rambut, cukup aplikasikan pada bagian tengah hingga ujung rambut saja, karena petroleum jelly yang mengenai kulit kepala dapat memicu timbulnya ketombe. Anda akan merasakan manfaatnya setelah keramas, rambut Anda akan semakin mudah diatur dan terjaga kelembabannya.




  1. Digunakan sebagai alternatif pengganti maskara


Maskara yang digunakan terlalu lama dapat mengakibatkan rontoknya bulu mata. Salah satu alternatif yang dapat Anda gunakan sebagai pengganti maskara adalah petroleum jelly. Sebelum petroleum jelly diaplikasikan, terlebih dulu jepitlah bulu mata menggunakan eyelashes curler, baru kemudian oleskan petroleum jelly. Dengan petroleum jelly, bulu mata Anda yang lentik lebih terlihat natural.




  1. Digunakan untuk mengekspoliasi bibir


Kulit mati yang ada di bibir jika tidak segera dibersihkan akan menumpuk, akibatnya lipstik yang diaplikasikan di bibir terlihat menggumpal, sehingga hasilnya juga terlihat buruk. Jadi, yang perlu Anda lakukan adalah mengekspoliasi bibir Anda menggunakan petroleum jelly. Caranya cukup mudah, Anda hanya cukup menyiapkan sikat gigi berbulu halus (bukan sikat gigi Anda untuk menggosok gigi setiap hari), dan memberinya sedikit Vaseline Pure Petroleum Jelly, kemudian gosokkan di bibir Anda secara horizontal dan vertikal. Lalu, bersihkan menggunakan tisu dan bilas. Lakukan perawatan ini secara rutin, seminggu tiga kali.




  1. Dijadikan make up remover


Make up remover mungkin akan memberikan efek kimia, tetapi petroleum jelly lebih aman digunakan sebagai make up remover, seperti halnya Anda menggunakan make up remover Anda setiap hari. Selain itu petroleum jelly juga dapt digunakan untuk menghapuskan lem bulu mata Anda.




  1. Mempermudah dalam penggunaan anting


Jika Anda kesulitan dalam menggunakan anting, mungkin karena lubang antingnya yang bermasalah, Anda bisa memudahkannya dengan bantuan Vaseline yang dioleskan di lubang tindik. Maka anting tersebut dapat Anda kenakan dengan mudah dan tidak sakit.




  1. Mengkilapkan sepatu


Sepatu yang warnanya pudar terlihat usang. Anda bisa membuatnya seperti baru lagi dengan mengoleskan petroleum jelly ke permukaan sepatu. Petroleum jelly akan membuat sepatu Anda mengkilap dan licin, sehingga akan tampak seperti baru lagi.


Banyak sekali manfaat yang bisa Anda dapatkan dari Vaseline Petroleum Jelly. Dijamin Anda tak akan merasa rugi jika Anda selalu menyediakannya di meja rias Anda.


Nah, itu tadi 16 manfaat vaseline petroleum jelly. Lantas sesuai title artikel ini, manfaat yang ke 17 adalah membuat Anda bisa tampil lebih cantik dan istimewa. Semoga informasi ini bisa memberikan manfaat atau kegunaan penting bagi Anda. Terima kasih karena sudah meluangkan waktu untuk membaca, dan mohon maaf apabila ada kesalahan dalam gaya bahasa maupun penulisan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel