Manfaat Isoflavon bagi Tubuh & Kesehatan Wanita

Manfaat isoflavon bagi tubuh & kesehatan wanita maupun pria – Pernahkah Anda mendengar tentang isoflavon? Isoflavon adalah salah satu nutrisi dalam kedelai yang merupakan senyawa bioaktif yang dapat bekerja  seperti hormon estrogen, karena memiliki struktur kimia sama. Karena fungsi inilah, banyak dilakukan penelitian pada isoflavon untuk kesehatan, tepatnya bagi wanita.

manfaat isoflavon bagi tubuhDiantara manfaat isoflavon dari penelitian tersebut adalah,

  • Membantu mengatasi gejala menopause

Karena struktur kimia yang terdapat dalam isoflavon sama dengan hormon estrogen sehingga isoflavon juga memiliki fungsi yang sama pula. Karena itulah, isoflavon dianggap dapat menggantikan fungsi hormon estrogen, sehingga dapat membantu mengatasi gejala menopause yang muncul karena hormon estrogen yang berkurang. Selain itu, peneliti dari University of Catania, Italia juga menemukan manfaat isoflavon yang mampu menurunkan insomnia, dan depresi serta menurunkan panas hingga 40 persen yang diakibatkan oleh menopause, walaupun tidak secara signifikan efeknya pada gejala yang lain, misalnya sakit yang terasa pada tubuh. Hasil dari penelitian tersebut diterbitkan di Minerva Ginecologica pada Februari 2012.

  • Mampu menurunkan resiko kambuhnya kanker payudara

Tim peneliti dari Amerika Serikat dan China dalam The American Journal of Clinical Nutrition pada bulan Juli 2012, telah mengungkap penelitian tentang manfaat isoflavon terhadap kanker payudara. Ujian penelitian dilakukan pada 9500 wanita Amerika dan China, selama lebih dari tujuh tahun telah terbebas dari kanker payudara. Hasil dari penelitian ini menunjukkan kalau isoflavon yang terkandung dalam kedelai mampu menurunkan resiko terhadap kambuhnya kanker payudara, sekaligus menurunkan angka kematian yang disebabkan oleh kanker payudara meskipun tidak signifikan.

  • Mengurangi masalah osteoporosis

Jika tubuh mendapatkan asupan isoflavon secara rutin, maka dapat menurunkan masalah osteoporosis atau tulang keropos. Hal ini telah dilaporkan oleh peneliti dari Sichuan University, China dalam penelitian yang diterbitkan pada Asia Pacific Journal of Tropical Medicine pada Maret 2012.

  • Mampu mengurangi kadar kolesterol

Food and Drug Administration Amerika Serikat menyatakan bahwa kedelai mampu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh, pada Oktober 1999. Setiap hari, 25 gram protein kedelai mengandung isoflavon alami yang dapat menurunkan LDL atau kolesterol jahat hingga 10 persen. Karena hal inilah, jika sebuah produk makanan digunakan untuk menurunkan kolesterol, maka produk makanan tersebut harus memiliki kandungan lemak yang kurang dari 3 gram, rendah kolesterol, rendah lemak jenuh, dan rendam sodium atau garam.

Kandungan isoflavon terbanyak terdapat pada kedelai, yaitu pada setiap 100 gram kedelai rebus mengandung isoflavon sebanyak 47 mg. Jumlah kandungan tersebut sudah melebihi asupan minimum yang disarankan dari isoflavon, yaitu 25 hingga 50 mg perhari. Selain itu isoflavon juga dapat Anda jumpai pada jenis bahan makanan lainnya, seperti kacang-kacangan, buah-buahan dan sayuran.

Sekarang Anda tahu kan, manfaat isoflavon yang terkandung dalam kedelai? Karena itulah, mulai sekarang selalu masukkan makanan dari bahan dasar kedelai ke dalam menu makanan harian Anda, dan dapatkan manfaat sehatnya.

Nah demikian, mohon maaf sekiranya dalam artikel manfaat isoflavon bagi tubuh tersebut terdapat kesalahan. Semoga bermanfaat dan terima kasih atas waktunya untuk diluangkan demi membaca artikel ini. 😀

Referensi:

Content: Vemale.com

Image Source: www.diaryapipah.com

(Baca Juga Artikel: Manfaat Karbon Aktif untuk Kecantikan Kulit Wajah  )