Efek Samping Teh Hijau Kepala Jenggot

Efek samping teh hijau kepala jenggot bila dikonsumsi banyak bagus gak? – Pada saat menggunakan sebuah produk tertentu, biasanya seseorang akan memikirkan efek samping yang akan ditimbulkan. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai efek samping teh hijau cap kepala jenggot.

Informasi ini bukan bertujuan untuk menakut-nakuti namun bertujuan untuk memberikan bahwa ternyata produk kesehatan juga mempunyai dampak yang kurang baik sehingga tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan terutama bagi ibu hamil.

Efek samping teh hijau kepala jenggot jika DIKONSUMSI BERLEBIHAN

Produk ini memang mempunyai beberapa manfaat namun jika dikonsumsi dengan cara yang benar dan tidak berlebihan. Teh ini dianjurkan untuk dikonsumsi 300 mg per hari atau maksimal 3 cangkir dalam sehari karena jika dikonsumsi secara berlebihan dapat memberikan efek samping di bawah ini :efek samping teh hijau kepala jenggot

  1. Memicu Tekanan Darah Tinggi

Efek samping mengkonsumsi teh ini tidak jauh berbeda dengan efek samping mengkonsumsi kopi yakni dapat memicu meningkatnya tekanan darah tinggi karena kandungan kafein di dalamnya.

  1. Menyebabkan Penyakit Liver

Walaupun faktor genetik merupakan salah satu penyebab umum terjadinya penyakit liver, tetapi teh hijau juga dapat memicu penyakit liver jika dikonsumsi secara berlebihan atau tidak sesuai dengan apa yang sudah dianjurkan. Walaupun efek samping ini tidak terjadi pada semua prang namun harus lebih berhati-hati, terutama jika mempunyai riwayat keluarga dengan penyakit liver.

  1. Meningkatkan Gula Darah

Jika mempunyai penyakit diabetes, disarankan untuk selalu mengontrol kadar gula di dalam darah ketika mulai suka dengan kebiasaan meminum teh hijau. Hal ini disebabkan karena efek samping teh hijau dapat mempengaruhi kadar gula di dalam darah, jika kadar gula darah tidak terkontrol maka dapat menyebabkan penyakit diabetes.

  1. Menyebabkan Osteoporosis

Tulang memerlukan asupan kalsium agar tetap kuat dan kokoh, walaupun tidak semua orang mengalami hal ini namun teh hijau dapat membuat kalsium ikut terbawa keluar bersamaan dengan urine. Hal ini disebabkan karena kandungan kafein yang dapat menjadi salah satu alasan mengapa kalsium dapat ikut terbawa oleh urine sehingga disarankan untuk membatasi konsumsi dan penggunaan teh hijau.

  1. Menyebabkan Terjadinya Glaucoma

Glaucoma merupakan gangguan pada mata yang sering dialami oleh masyarakat Indonesia setelah mata katarak. Biasanya glaucoma disebabkan oleh adanya peningkatan tekanan pada mata yang disebabkan oleh kandungan kafein dan beberapa kandungan lainnya di dalam teh hijau. Apabila sering merasakan nyeri pada mata dan mata sering mengeluarkan cairan yang berlebihan sebaiknya jangan mengkonsumsi teh hijau dalam dosis yang tinggi atau berlebihan.

  1. Meningkatkan Rasa Cemas

Efek samping yang biasanya sering terjadi saat mengkonsumsi teh hijau secara berlebihan adalah meningkatnya rasa kecemasan pada diri seseorang karena kandungan kafein di dalamnya meskipun dalam kadar yang tidak begitu banyak. Mengkonsumsi teh hijau secara berlebihan, dapat menyebabkan terjadinya rasa kegelisahan dan kecemasan yang berlebihan. Selain itu, mengkonsumsinya secara berlebihan juga dapat mempengaruhi detak jantung sehingga tidak disarankan dikonsumsi untuk pasien penderita penyakit jantung.

  1. Tidak Baik Dikonsumsi untuk Ibu Hamil dan Ibu Menyusui

Jika sedang hamil ataupun sedang menyusui, sebaiknya perhatikan jumlah atau kadarnya ketika mengkonsumsi teh hijau. Ibu hamil dan ibu menyusui hanya dianjurkan untuk mengkonsumsi teh hijau tidak lebih dari 2 cangkir sehari. Hal ini disebabkan karena kandungan kafein dalam jumlah berlebihan tidak baik untuk kesehatan ibu dan janinnya. Namun, mengkonsumsi teh hijau dengan dosis yang pada dapat terhindar dari resiko keguguran. Jadi, sangat disarankan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter apabila sensitif terhadap kafein.

Sebenarnya semua efek samping tersebut dapat dihindari jika tetap mengkonsumsinya dalam jumlah yang wajar atau tidak berlebihan karena kandungan kafein yang tidak terkontrol. Apabila ingin mendapatkan manfaatnya secara maksimal, sebaiknya konsumsilah secara teratur dengan kadar yang bijaksana atau sewajarnya karena segala sesuatunya yang berlebihan tidak akan menimbulkan hasil yang baik.

Sangat disayangkan apabila manfaat teh hijau cap kepala jenggot hilang begitu saja, bahkan berubah jadi bahaya bagi kesehatan tubuh jika dikonsumsi secara sembarangan. Oleh karena itu, sebaiknya patuhilah anjuran ketika mengkonsumsinya agar mendapatkan semua manfaatnya yang berharga bagi tubuh.

Nah, demikian tadi ulasan tentang efek samping teh hijau kepala jenggot. Mohon maaf jikalau terdapat kesalahan dan terima kasih atas waktunya untuk meluangkan waktu buat membaca artikel ini. 😀 😀 😀

(Baca Juga: Manfaat ISTIMEWA dari Teh Hijau, Chamomile, Rooibos untuk Kulit Wajah