Efek Samping KB Implant terhadap Siklus Haid

Efek samping KB implant atau susuk terhadap siklus haid dan kesehatan wanita – Sejak beberapa tahun silam, pemerintah Indonesia sudah menerapkan program KB (Keluarga Berencana) yaitu, dua anak lebih baik. Hal ini disebabkan karena tingginya tingkat kelahiran di Indonesia sehingga berakibat pada kepadatan penduduk. Ada beberapa program KB yang dapat dijalankan oleh wanita yakni, KB suntik, pil, susuk / implant dan spiral.

Masing-masing jenis KB tersebut mempunyai efek samping bagi tubuh, namun efek samping yang dialami oleh tiap-tiap individu berbeda sesuai dengan kondisi fisik yang dimiliki. Akan tetapi, pada kesempatan kali ini hanya akan dibahas mengenai efek samping dari KB implant / susuk bagi tubuh.

Efek samping KB implant atau susuk terhadap siklus haid dan kesehatan wanita

Efek samping susuk yang paling sering dialami oleh sebagian besar wanita, yaitu terjadi perubahan pada siklus menstruasi seperti bertambahnya pendarahan dalam satu siklus, siklus menstruasi yang tidak teratur, timbul bercak (spoting) dan amenore. Meskipun demikan, semua efek samping tersebut tidak berbahaya karena KB memang difungsikan agar mencegah terjadinya pembuahan pada indung telur.

efek samping kb implanSelain itu, masih ada beberapa efek samping KB jenis ini yang belum banyak diketahui oleh masyarakat. Berikut ini adalah beberapa efek samping atau dampak lainnya dari KB implant atau KB susuk :

  1. Terjadinya efek pada system reproduksi

Meskipun jarang terjadi, namun KB jenis ini dapat menyebabkan efek samping yang serius yaitu efek samping pada sistem reproduksi, yaitu penyakit kista ovarium. Hal ini biasanya terjadi akibat pemakaian norplant yang salah. Namun, untuk mengatasinya tidak perlu dilakukan dengan proses pembedahan atau operasi karena kista akan luruh secara spontan dalam waktu sekitar 5 minggu.

  1. Kehamilan Ektopik

Kehamilan ektopik merupakan kondisi dimana kandungan mengalami kekurangan hormon. Kondisi ini disebabkan oleh adanya kadar laktasi yang mempengaruhinya selama pemakaian norplants, sehingga diperlukan pengecekan kehamilan terlebih dahulu sebelum memilih untuk menggunakan KB implant atau susuk.

  1. Efek samping lain

Efek samping lainnya dari pemakaian KB jenis ini adalah sakit kepala. Hal ini disebabkan karena pengunaan norplants dapat memyebabkan perubahan sistematik dalam jumlah sedikit. Selain itu, efek samping lain yang akan ditimbulkan seperti kenaikan berat badan, peningkatan tekanan darah dan lain sebagainya.

Setelah mengetahui informasi mengenai efek samping yang sudah dikenal oleh masyarakat hingga efek samping yang belum dikenal karena tidak sering terjadi. Di sini juga akan dijelaskan bagaimana cara penanganan efek samping yang sudah dikenal oleh masyarakat akibat pengunaan KB implant atau KB susuk.

  1. Amenorea

Amenorea merupakan salah satu gangguan kehamilan, untuk mencegahnya sebaiknya lakukan pengecekan kehamilan terlebih dahulu. Jika benar-benar terjadi kehamilan maka implant harus segera diangkat agar tidak membahayakan bagi kesehatan janin. Hal ini juga berlaku apabila tidak cocok ketika memakai KB implat, maka sebaiknya angkat untuk diganti dengan menggunakan alat kontrasepsi lainnya.

  1. Pendarahan Bercak Ringan (Spoting)

Jika sering mengalami pendarahan bercak ringan atau spoting, maka harus mendapatkan pil kombinasi siklus 3 x 800 mg untuk 5 hari oleh dokter. Apabila pendarahan semakin keluar bertambah banyak, sebaiknya dapatkan 2 pil untuk 7 hari dan dilanjutkan dengan siklus pil kombinasi etinilestradiol atau estrogen equin 1,25 mg untuk 21 hari.

  1. Ekplusi

Jika selama pengunaan KB implant, kemudian terkena eksplusi maka periksalah apakah kapsul masih ada di tempatnya atau tidak. Jika tidak ditemukan, maka pasanglah kapsul baru di tempat yang berbeda. Namun, jika terkena infeksi maka cabutlah semua kapsul yang sudah di pasang sebelumnya dan pasanglah 1 kapsul pada lengan yang lain. Kemudian, solusi lain untuk mengatasinya adalah pindah menggunakan alat kontrasepsi jenis lain.

Nah, itu tadi informasi mengenai beberapa efek samping dari pemakaian KB implant atau KB susuk. Hal terpenting yang harus dilakukan adalah pilihlah alat kontrasepsi yang cocok bagi tubuh. Oleh karena itu, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter dan pikirkan dengan cermat sebelum memilih untuk menggunakan alat kontrasepsi agar mendapatkan pilihan yang tepat dan terhindar dari berbagai masalah di kemudian hari. Apabila tidak mengalami kecocokan ketika menggunakannya, segera hentikan pemakaian.

Demikian, semoga artikel tentang efek samping KB implant ini menambah pengetahuan Anda. Mohon maaf jika sekiranya terdapat kesalahan. Terima kasih juga karena sudah meluangkan waktu buat membaca artikel tersebut. ๐Ÿ˜€ ๐Ÿ˜€ ๐Ÿ˜€

(Baca Juga: Khasiat Minyak Bulus untuk Pembesar & Mengencangkan Payudara )